02 Oktober 2019 00:00:00
Ditulis oleh Admin

Musyawarah Desa Sosialisasi RPJM – Desa dan Pembentukan Tim Perumus RPJM – Desa 2020 s/d 2025 dan RK

Prunggahan Kulon, Rabu 02 Oktober 2019

Acara dilaksanakan Pukul 20.00 WIB dan dibuka oleh Sekretaris Desa. Acara membahas dan membentuk Tim Perumus RPJM Desa. Sebelum acara inti dimulai acara diawali dengan beberapa sambutan yang pertama dari Bapak Siswoko selaku Kepala Desa yang  menjelaskan sedikit tentang RPJM  dan anggota yang masuk pada Tim Perumus RPJM. Tim Perumus tersebut paling sedikit 7 orang dan maksimal 11 orang dan terdiri dari Pembina yaitu Kepala Desa, Ketua yaitu Sekretaris Desa, Sekretaris yaitu Ketua LPMD, dan Anggota diisi dari perwakilan Perangkat Desa dan Tokoh Masyarakat. Berikutnya dari Bapak Drs. Wagito selaku Ketua BPD  yang menyampaikan kepada Tim Pendamping Kecamatan supaya mendampingi dan bisa menjelaskan secara detail tentang RPJM dan RKP Desa. Dilanjutkan dengan Bapak Taruto, S. Pd selaku Ketua LPMD mengharapkan Tim Perumus RJPM bisa mewakili warga Desa Prunggahan Kulon dan meyusun dengan baik.  Sambutan terakhir dari Bapak Sekcam yang mewakili Bapak Camat pertama memohon maaf karena Bapak Camat tidak bisa hadir dikarenakan menghadiri rapat di Kabupaten. Bapak Sekcam juga menyampaikan Kepala Desa yang terpilih di bulan Agustus harus segera membentuk Tim Perumus RPJM Desa setelah 3 bulan dilantik. Selain itu beliau juga menyampaikan terimakasih atas kerawuhan (kedatangan) Bapak Darko selaku Kades lama dan berterima kasih atas pengabdiannya selama ini. Belliau menambahkan hal yang tidak kalah penting Data-data kependudukan harus valid. Yang terakhir beliau mejelaskan 5 Program Priorotas sesuai Permendes yang berkaitan dengan dana ADD yaitu terdiri DD, Pembangunan, Pembinaan, Pemberdayaan Masyarakat, dan Bencana Alam.

Setelah selesai sambutan-sambutan dilanjutkan Sosialisasi dari Pendamping Kecamatan Bapak Agus yang mengatakan DD itu ribet karenaa peraturan selalu berubah-ubah. Menjelaskan kembali bahwa menurut Permendagri N. 114 bahwa Kepala Desa yang sudah dilantik dalam3 bulan setelahnya mengusahakan membuat RPJM. Sebelum itu harus membentuk Tim Perumu yang terdiri Pembina adalah Kepala Desa, Ketua adalah Sekretaris Desa. RPJM tersebut adalah cerminan Visi Misi Kepala Desa dan penyusunan RPJM Desa sesuai masa jabatan Kepala Desa. Dilanjutkan Bapak Agus menyampaikan Alur Tahapan Penyusunan RPJM Desa Sesuai Permendagri No. 114 Tahun 2014. Untuk RKP dibagi 5 bidang seperti yang disampaikan Bapak Sekcam diatas. Terkahir beliau menambahkan Dana Desa tidak bisa merata karena luas wilayah untuk itu Peningkatan PAD itu penting.

Dilanjutkan acara inti Pembentukan Tim Perumus RPJM Desa yang dipimpin Sekretaris Desa. Sesuai aturan yang ada Tim Perumus RPJM Desa Prunggahan Kulon terdiri dari :

  1. Pembina : SISWOKO (Kepala Desa)
  2. Ketua             : DONY INDRIYANTO, S. Kom (Sekretaris Desa)
  3. Sekretaris : TARUTO, S. Pd (Ketua LPMD)
  4. Anggota : 1. WARSO, SH (Perangkat Desa)
                           2. CHERRY OLGAVYANA AGUSTINE, S. Pd (Perangkat Desa) 
                           3. KANJIM (Ketua Pemberdayaan Masyarakat)
                           4. DARMINTO (Tomas)
                           5. ROSSANA (Tomas)
                           6. TARMIJAN (Tomas)
                           7. SULISTIYONO (Tomas)
                           8. FEBE MARIA MAGDALENA (Tomas)
    Acara dilanjutkan tanya jawab.
    Setelah itu ditutup dengan Do'a



image
Gambar Tambahan 1 Lihat Gambar
image
Gambar Tambahan 2 Lihat Gambar
image
Gambar Tambahan 3 Lihat Gambar
Kategori

Bagikan :

comments powered by Disqus