Sarana dan Prasarana

SARANA DAN PRASARANA

Sarana dan prasarana di Desa Prunggahan Kulon yang bertujuan untuk mempermudah kegiatan seluruh warga desa serta pembangunan Desa baik secara fisik maupun non fisik. Adapun sarana dan prasarana yang terdapat di Desa Prunggahan Kulon adalah Fasilitas pendidikan, fasilitas kesehatan, fasilitas peribadatan, fasilitas perikanan dan fasilitas utilitas (pendukung utama).

1. Fasilitas Pendidikan

Sebagai desa yang sedang berkembang, Desa Prunggahan Kulon memerlukan sumber daya manusia yang tangguh dan berkualitas agar bisa membangun desa dengan memaksimalkan potensi yag ada di Desa Prunggahan Kulon. Sarana pendidikan yang terdapat di Desa Prunggahan Kulon antara lain : PAUD 2 buah, TK 2 buah, SD 2 buah, MI 1 buah, dan MTs 1 buah. Keadaan sarana pendidikan tersebut masih lumayan baik, Peralatan peraga penunjang kegiatan belajar mengajar masih perlu mendapatkan perhatian.

2. Fasilitas Kesehatan

Desa Prunggahan Kulon berusaha untuk menjadi desa yang sehat, diperlukan fasilitas kesehatan yang diharapkan bisa mendukung upaya tersebut sehingga Desa Prunggahan Kulon berhasil menjadi desa sehat. Sarana kesehatan yang ada di Desa Prunggahan Kulon antara lain : 1 buah Polindes , Posyandu Manula 2 Buah, dan 5 buah Posyandu balita. Untuk Polindes, petugas yang ada sebanyak 1 orang Bidan Desa, jumlah kader penggerak posyandu sebanyak 25 orang.

3. Fasilitas Peribadatan

Sarana peribadatan yang ada di Desa Prunggahan Kulon terdapat 5 Masjid dan 18 Mushola. Sarana ibadah ini cukup untuk menampung rutinitas kegiatan ibadah umat islam Desa Prunggahan Kulon yang hampir 100 % masyarakatnya pemeluk agama islam. Keadaan bangunan masjid dan mushola saat ini sebagian ada yang memerlukan rehap pembangunan kembali karena bangunannya sudah rusak berat/ringan.

4. Fasilitas untuk Kegiatan Perikanan

Desa Prunggahan Kulon memiliki potensi sumber air tawar dan sungai yang bisa dikembangkan untuk usaha perikanan air tawar. Sejauh ini terdapat kolam ikan seluas 3 ha di desa Prunggahan Kulon. Selain itu, sebagian warga mengolah lahan pribadi untuk dimanfaatkan budidaya ikan lele.

 

5. Fasilitas Utilitas

Sarana utilitas merupakan sarana penunjang yang berperan penting bagi aktifitas masyarakat Desa Prunggahan Kulon. Adapun sarana utilitas yang ada di Desa Prunggahan Kulon adalah jaringan listrik yang disediakan oleh Perusahaan Listrik Negara (PT. PLN) dalam bentuk distribusi Saluran Udara Tegangan Menengah dan Saluran Udara Tegangan Tinggi.

Fasilitas penting lainnya adalah adanya sarana prasarana infrastruktur jalan meliputi poros desa sepanjang ± 3,2 km, jalan lingkungan ±8 km, jembatan Cincim dan irigasi tersier 2,5 km

Formulir Komentar (Komentar baru terbit setelah disetujui Admin)